Manfaat Membaca Buku Panduan

Apabila kita membeli barang elektronik, peralatan rumah tangga, kendaraan atau lainnya, selalu akan disertakan Buku Petunjuk Penggunaan. Kadang disebut jugaUsers Manual, Owners Manual, Operating Instructions ataupunUser Guide, intinya buku petunjuk untuk menggunakan peralatan tersebut.
Karena pentingnya buku tersebut, pada halaman pertama selalu ditulis‘PLEASE READ BEFORE USE’, bacalah sebelum memakainya. Bahkan, untuk peralatan tertentu, yang mungkin sifatnya sangat berbahaya apabila dicoba-coba tanpa ada referensi, peralatan tersebut dibungkus sangat rapat, dan dalam kemasannya dituliskan juga keharusan membaca buku manual sebelum memulai untuk memakainya.
Didalam buku manual, didalamnya memang memuat informasi yang sangat penting mengenai peralatan tersebut, misalkan kita membeli sebuah televisi, maka kita akan mendapatkan manual yang didalamnya berisi informasi dasar mengenai bagian-bagian dari televisi dan fungsinya, cara penggunaannya dan fitur-fitur yang terdapat didalamnya, hal-hal yang harus dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan pada waktu pengoperasian, cara perawatan, spesifikasi teknis dan terakhir biasanya berupa petunjuk apabila terjadi masalah (trouble shooting), hal yang sering ditanyakan (frequently asked question/FAQ)dan daftar alamat yang harus dihubungi bila terjadi sesuatu.
Dengan membaca buku petunjuk penggunaan, kita akan memperoleh manfaat:
1.      Mengetahui dan mengoptimalkan fungsi-fungsi dan fitur apa saja yang ada didalamnya. Dengan membaca buku petunjuk, semua fungsi pada peralatan dapat kita manfaatkan, sehingga kita tahu keistimewaan dari peralatan yang kita beli. Kadang ada beberapa tombol dalam sebuah peralatan yang mempunyai banyak fungsi, ada juga tombol yang berfungsi apabila dikombinasikan dengan tombol lain, dengan membaca buku manual peralatannya, maka kita akan mengetahui semuanya.
2.      Menghindari resiko kecelakaan. Semua didunia ini diciptakan dalam keadaan berpasangan, jika suatu benda mempunyai manfaat, maka didalamnya juga terkandung suatu resiko (mudharat). Contoh misalkan peralatan elektronik, didalamnya ada manfaat, tetapi juga ada resiko misalkan listrik, gelombang elektro magnetik dan lainnya. Untuk menghindari resiko kecelakaan itu, kita harus mengetahui fungsi masing-masing bagian suatu peralatan. Karena peralatan akan berfungsi dengan sempurna jika cara pemakaiannya benar.
3.     Untuk mengatasi suatu masalah. Di buku petunjuk atau manual biasanya terdapat bagian Trouble Shooting, yang berisi petunjuk-petunjuk singkat untuk mengatasi suatu masalah didalam pemakaian. Jadi jika anda mempunyai masalah dengan peralatan yang anda beli, jangan panik dulu, bacalah dengan teliti buku petunjuk tersebut. Jangan mengatasi masalah dengan mencoba-coba dan tanpa pengetahuan, bukan masalahnya selesai, malah mungkin akan timbul masalah yang lain.
4.     Mendapatkan manfaat yang maksimal dari peralatan tersebut. Dengan membaca buku penggunaan, peralatan akan memberikan manfaat yang optimal untuk kebutuhan hidup kita. Peralatan akan berfungsi lama, dan tidak merongrong dengan menimbulkan banyak masalah, kitapun akan senang.

Tapi apa yang terjadi dengan Buku Petunjuk Penggunaan, jika kita membeli suatu barang? Kebanyakan dari kita tidak acuh dan mengabaikan untuk membacanya. Jarang sekali kita  menyimpannya dengan baik, sehingga sering apabila ada masalah kita gelagapan. Dan kita juga lebih mengandalkan mengetahui fungsi suatu peralatan hanya terpaku berdasarkan cerita dari mulut ke mulut atau bersifat trial dan error saja, sehingga tidak optimal pemanfaatannya dan baru membaca buku petunjuk jika terbentur suatu masalah.

15 komentar

Penyajian dari arikel diatas cukup bagus, dan tujuan dari artikelnya mudah dipahami, tersaji rapi, hanya saja penambahan dari saya yaitu, alangkah baiknya diberi arsen warna pada tulisan dan latar, agar lebih menarik minat baca reader
Nice Informations
Terimaksih :)

wow! Tampilan blog yang sangat menarik bagi saya, isi dan kajian di dalamnya pun sangat bermanfaat serta mudah untuk di pahami bagi pembaca. akan lebih baik lagi bila pada isiian artikel di berikan tambahan gambar dan kreasi unik agar tidak membosankan. Nice! keep it us. Terimakasih ^_^

Tips yang sangat berguna, terutama bagi orang yang masih bingung dalam memahami suatu produk. Penulisan sudah rapi. Ukuran font sudah pas. Kontras antara font dan background sudah sangat jelas. Tetapi paragraf pertama terlalu panjang, saya sarankan dipisah menjadi 2 paragraf.
Thanks

wow cukup menarik bagi saya, atrikel ini sangat bermanfaat bagi yang membutuhkan, keep it up !

menarik sekali artikelnya, benar sekali buku panduan penting sekali biasanya kita tidak membacanya dan hanya melihat-lihat saja tanpa tau apa buku panduan itu fungsi menariknya.

Artikelnya cukup baik dan bermanfaat karena tidak jarang kita mengabaikan buku panduan padahal buku panduan memiliki banyak manfaat. Saran saya, sebaiknya sumber/referensi dicantumkan. Terima kasih.

Artikelnya sangat bermanfaat karena memang kebanyakan orang tidak membaca buku panduan. Sarannya agar dibanyakin gambarnya agar tidak bosan membacanya.

Informasinya cukup menarik dan bermanfaat, hanya saja sajian di bagian manfaat-manfaatnya yang bercetak tebal, saya tidak tau itu judul atau memang sengaja dibuat begitu, tetapi agar lebih rapi lagi baiknya judul dan isinya dipisah saja. Judul yang atas dan bawahnya nanti isinya. Terima kasih

Konten yang disajikan menarik terutama bagi orang-orang yang selalu bertanya ke orang lain, padahal sudah disediakan buku panduan,hanya saja penulisan agak kurang rapi, mungkin kedepannya agar bisa dirapikan lagi

Materi yang disampaikan sangat bermanfaat, pentingnya suatu buku panduan itu penting. tampilan blog yang menarik dapat membuat pembaca jadi terkesan bagus, sayangnya hanya membuat 1 paragraf banyak, tidak dibagi beberapa paragraf, yang membuat tulisan menoton. Sekian saran dari saya

Terima Kasih.

Jangan lupa dicantumin sumbernya gan, selain ngebantu reader buat cari pustakanya, tulisan yg agan post gak dianggap plagiat, nuhun

Konten yang disajikan menarik terutama bagi orang-orang yang selalu bertanya ke orang lain, padahal sudah disediakan buku panduan,hanya saja penulisan agak kurang rapi, mungkin kedepannya agar bisa dirapikan lagi

https://www.facebook.com/KingcuanFP/

Mantul maklumatnya bossku. Aku auto paham...

Makasih infonya gan, sekedar nambahin.
Buat yang buku manualnya hilang bisa cari di sini ManualsCodex


EmoticonEmoticon